‘Skylight’ Solusi Modern Menghemat Listrik di Rumah

Tagihan listrik rumah kerap menjadi salah satu sumber pengeluaran paling besar dalam rumah tangga. Tagihan listrik kerap membengkak dikarenakan beberapa orang sering malas untuk mematikan peralatan elektronik terutama lampu.

Skylight sebagai penerang dalam ruangan

Lampu yang harusnya hanya menyala pada malam hari tidak jarang justru menyala selama 24 jam. Hal ini bisa dikarenakan lupa mematikan ataupun memang rumah kekurangan cahaya disiang hari sehingga butuh lampu agar tidak gelap.

Perumahan-perumahan baru saat ini banyak sekali yang memasang jendela dengan ukuran besar agar asupan cahaya yang masuk pada siang hari cukup untuk menerangi ruangan. Selain pemasangan jendela besar saat ini juga marak pemasangan skylight pada atap rumah.

Secara sederhana skylight bisa diartikan sebagai cahaya langit. Skylight ini berfungsi memasukan cahaya dari langit ke dalam rumah. Secara tidak langsung ini seperti membuat jendela di atap rumah.

Anda tidak perlu khawatir penggunaan skylight akan meningkatkan suhu di dalam rumah anda. Skylight dengan penggunaan kaca maupun lapisan film yang tepat tidak menyebabkan rumah menjadi panas.

Berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan memasang skylight.

  1. Skylight dapat Dipasang pada Semua Model Atap

Skylight ini tidak terpengaruh oleh bentuk atap, apapun model atap anda maka akan tetap dapat dipasang skylight. Anda hanya perlu menyesuaikan bentuk skylight dengan model atap anda.

  1. Sesuaikan dengan Bagian yang Ingin Diterangi

Tempatkan skylight pada daerah yang ingin anda terangi. Sebaiknya jangan memasang skylight pada bagian timur atau barat atap anda, karena hal ini akan membuat cahaya yang masuk sangat mencolok. Pasanglah skylight pada sisi utara atau selatan agar cahaya yang masuk terasa lembut.

  1. Konsultasi dengan Ahli

Sebelum memasang skylight sebaiknya konsultasikan dengan orang yang ahli dalam masalah ini. Konsultasilah pada ahli arsitektur sebelum menggunakan skylight. Meskipun bermanfaat, skylight juga memiliki beberapa resiko.

  1. Gunakan Material yang Tepat

Material yang tepat sangat penting dalam pemasangan skylight. Ada banyak bahan yang digunakan dalam pembuatan skylight sperti kaca dan plastik. Anda harus tahu jenis kaca dan plastik yang tepat agar skylight tidak mudah rusak.

Baca juga artikel tentang rumah lainnya di griyakuindahselaras.com »