Mengenal Defibrillator Dan Jenisnya

Pernahkah anda mendengar istilah Defibrillator ? Mungkin ada diantara anda yang sudah pernah mendengar kata – kata itu. Namun saya yakin, banyak diantara anda yang belum mengetahui dan bahkan tidak tahu sama sekali dengan nama itu. Defibrillator merupakan sebuah alat. Defibrillator memiliki nama lain alat kejut jantung. Memang alat ini berfungsi untuk mengejutkan jantung dengan sengatan listrik.

jenis defibrillator

Alat ini memang terkesan seperti membahayakan, namun sebaliknya. Alat ini berfungsi untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal agar kembali normal. Defibrillator digunakan untuk mengatasi orang yang terkena gangguan jantung sehingga jantung dalam posisi yang kritis dan tidak mampu memompa darah. Ada beberapa jenis alat Defibrillator yang bisa ditemukan di pasaran, berikut dua jenis defibrillator yang dimaksud :

1. Defibrillator Monitor

Jenis defibrillator yang pertama adalah defibrillator monitor atau juga disebut dengan defibrillatoar manual. Hal ini karena sebagian dari cara kerja atau mekanismenya harus kita seting secara manual. Defibrillatoar jenis ini biasanya dilengkapi dengan monitor yang memiliki beberapa parameter seperti EKG dan SpO2. Keunggulan defibrillator manual yaitu memiliki minimal dua mode pengaturan yaitu sebagai defibrillator manual dan juga otomatis.

2. Defibrillatoar Poratable

Satu jenis yang lain yaitu defibrillator portable atau yang paling populer disebut dengan AED (Automated External Defibrillator). memiliki desain yang kebih kecil dan simpel apabila dibandingkan dengan defibrillator manual. Tidak dilengkapi dengan monitor dan hanya memiliki satu mode saja yaitu sebagai AED. Defibrillator portable memang didesain sedemikian rupa untuk kebutuhan lapangan, sehingga memiliki mobilisasi yang tinggi dan portabilitas yang juga diunggulkan. Harga defibrillator portable juga lebih murah bila dibandingkan dengan defibrillator manual.

Nah itulah dua jenis defibrillator yang tersedia di pasaran, apabila anda membutuhkan alat tersebut, langsung saja hubungi distributor alat kesehatan terdekat di kota anda. Semoga informasi yang saya hadirkan bisa bermanfaat untuk anda yang akan membeli alat ini. Sekian dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya.