Mengenal Beberapa Macam Jenis Bed Pasien

Jenis BED Pasien rumah sakit cukup banyak. Mulai dari bed pasien manual hingga bed pasien elektrik. BED pasien merupakan satu jenis alat rumah sakit dari golongan non medis. Kenapa disebut non medis karena bed pasien merupakan alat yang berperan untuk kesembuhan secara tidak langsung. Namun bagaimanapun, alat ini sangat berperan penting dalam rangka kesembuhan penyakit pasien. Pada kesempatan ini saya sengaja menulis sebuah tulisan yang mudah – mudahan bermanfaat untuk pembaca sekalian.

bed pasien

Bed Pasien merupakan alat non medis yang dibutuhkan di Rumah Sakit dan klinik serta pusat layanan kesehtan lainnya. Bed Pasien berfungsi untuk tempat tidur atau ranjang pasien yang menjalani rawat inap. Kelayakan ranjang dan kenyamanan mau tidak mau ikut serta dalam proses kesembuhan pasien. Oleh sebab itu, dibuatlah desain – desain ranjang pasien dengan berbagai model dan jenisnya. Berikut beberapa jenisnya.

1. Ranjang Pasien Standar

Segala sesuatu pasti memiliki standar dan ukuran yang sudah ditentukan. Termasuk ranjang pasien. Spesifikasi mulai dari bahan, ukuran dan fiturnya juga sudah diatur berdasarkan standar kelayakan oleh pemerintah. Bed pasien standar umumnya berbahan logam, yang dilapisi stainless steel. Dilengkapi dengan matras dan terdapat pelindung di bagian depan, belakang, kanan dan kiri.

2. Tempat Tidur Pasien dengan Crank

Bed Pasien yang satu ini juga masih termasuk standar, namun sedikit terdapat penambahan fitur yaitu “Crank”. Jika anda pernah melihat di rumah sakit ada ranjang pasien yang bagian punggung sampai kepala pasien bisa dinaikan seperti tempat duduk, itulah yang disebut “crank”. Ada tiga jenis, satu crank, dua crank dan ada juga yang memiliki tiga crank. Di kota – kota besar banyak industri yang bergerak di bidan ini, bahkan banyak juga industri rumahan yang jual bed pasien standar hingga menerima pesanan dengan jumlah yang banyak.

3. Bed Pasien Elektrik

Untuk jenis yang satu ini mungkin tidak semua orang bisa membuatnya. Bed Pasien elektrik sebenarnya sama dengan bed pasien yang menggunakan crank. Hanya saja untuk menggerakan crank tidak dilakukan secara manual yaitu memutar, namun cukup menekan tombol yang ada pada remot sehingga posisinya berubah.